STRATEGI PEMASARAN UREA NON PSO

 Sekali lagi ini hanya IDE…, tidak menggurui, hanya sekedar pemikiran sambil nunggu makan siang terhidang…..dari pada bengong mending ditulis ….

  1. Dasar Pemikiran

PT Pusri Palembang adalah perusahaan yang memiliki misi usaha “memproduksi serta memasarkan pupuk dan produk agribisnis secara efisien, berkualitas prima dan memuaskan pelanggan”. Pupuk yang diproduksi adalah pupuk Urea, pupuk Urea adalah pupuk kimia yang mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi (46%).

Dalam usahanya menyalurkan pupuk Urea, selain pupuk Urea PSO (Penugasan Pemerintah), pupuk Urea Non PSO juga merupakan produk andalan yang dipasarkan oleh PT Pusri Palembang. Tingkat penjualan Urea Non PSO s.d 29 Agustus 2013  yaitu :

–          Urea Kebun   = 323.043 ton

–          Urea Industri =   95.611 ton

–          Urea Ekspor   = 130.844 ton

Tentu saja kita tidak dapat berbangga diri bila penjualan yang dihasilkan hanya mencapai angka yang stagnant. Apa yang harus kita lakukan? Agar penjualan mencapai angka maksimal?agar Laba yang diperoleh pun mencapai angka puluhan? Atau bahkan ratusan Triliyun??. Anggaplah ini adalah pemikiran yang berlebihan, tentu saja tidak ada kata berhenti pada saat ide terungkap untuk kemajuan perusahaan bukan???.

  1. Pokok Permasalahan

Dari dasar pemikiran diatas, setidaknya terpikirkan oleh kita apa-apa saja yang dapat dijadikan strategi pemasaran urea Non PSO, seperti yang diketahui konsep dan strategi pemasaran diperkuat dengan teknologi dan perluasan daerah pasar. Dan yang perlu diperhatikan dalam usaha menyusun strategi pemasaran adalah :

  1. Kualitas produk
  2. Tempat
  3. Harga
  4. Promosi

Untuk mencapai target penjualan maksimal urea Non PSO, strategi pemasaran merupakan salah satu alat yang penting untuk menguasai pasar dan penetrasi pasar dapat dilaksanakan, maka kita harus dapat mengetahui :

  1. Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan?
  2. Kegiatan rencana pemasaran apakah yang menjadi ciri yang membedakan antara PT Pusri Palembang dengan Perusahaan pupuk lainnya?
  3. Apa saja upaya perusahaan agar kegiatan usahanya berjalan dengan baik?

 

  1. Analisa Permasalahan
    1. Pelaksanaan strategi pemasaran

Yang harus dilakukan sebagai langkah penentuan strategi pemasaran yaitu :

  1. Segmentasi Pasar

Pada langkah ini sebaiknya perusahaan dapat melakukan identifikasi variabel-variabel segmentasi dan segmentasi pasar yang kemudian mengembangkan bentuk segmen pasar yang menguntungkan.

Segmentasi pasar dapat dilakukan atas dasar :

–   Faktor Demografi, seperti kepadatan penduduk, tingkat penghasilan dll

–   Faktor Sosiologi, seperti kelas sosial  dan budaya

–   Faktor psikologi, seperti manfaat apa yang dapat di berikan oleh produk kita

  1. Penetapan Pasar Sasaran

Dengan cara mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen dan memilih segmen-segmen yang menguntungkan. Dengan menyelidiki luas dan potensi segmen pasar yang akan dimasuki, atribut yang digunakan, potensi produk, dan karakteristik pasar.

  1. Penetapan Posisi

Dengan cara mengidentifikasi konsep positioning yang memungkinkan bagi masing-masing segmen yang kemudian memilih serta mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep positioning yang dipilih.

  1. Kegiatan rencana pemasaran “one stop fertilizer”  yang membedakan antara PT Pusri Palembang dengan Perusahaan pupuk lainnya. Hal ini berarti :

–       Kualitas produk urea  terbaik hanya diproduksi oleh PT Pusri

–       Penyalur pupuk urea PT Pusri mudah dijangkau keberadaannya oleh konsumen.

–       Tersedia dalam beberapa macam packing, sehingga harga terjangkau sesuai kebutuhan konsumen.

–       Pemberian potongan harga kepada konsumen

–       Pemberian fee terhadap para konsumen yang telah mengarahkan konsumen lain untuk membeli urea di PT Pusri.

–       Pembelian yang dapat dilakukan melalui situs internet tersendiri

–       Customer Care, baik secara online chat, telephone, ataupun fax

  1. Upaya PT Pusri agar kegiatan usahanya berjalan dengan baik.

–       Memperkecil keruwetan prosedural, mengingat kita harus semaksimal mungkin mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi.

–       Menggunakan media seefisien mungkin sehingga dicapai efektivitas kerja yang maksimal.

–       Memberikan fasilitas lebih kepada para personel penjualan agar dapat melakukan “personal approaches”.

 


One thought on “STRATEGI PEMASARAN UREA NON PSO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s