Mengatur Keuangan Kita

Bisa jadi kali ini saya memposting tulisan ini untuk menasehati diri saya sendiri, xixixixixixi…setelah menghitung-hitung jumlah keperluan bulanan saya yang sepertinya….wuuuh…

Sebetulnya untuk mengatur keuangan mudah saja, tapi apa sih yang membuatnya sulit??? , antara lain sebagai berikut :

1. Kurang disiplin

yah ..biasalah apa lagi perempuan ya…niatnya ke mall cuma jalan-jalan, tapi adaaaaaaaaa…aja yang buat ngiler tuk dibelanjain..hahahah..tengok kiri etalase memajang busana apik wanita anggun, wanita mana sih yang gak tergoda tuk membeli.

2. Terlalu banyak keinginan dari pada kebutuhan

sebagian dari kita, lebih banyak “ingin” nya dari pada “butuh” nya, apa coba…tuuuh Smartphone model teranyar, buruan beli gih mumpung masih pake harga launching diskon 10%, pada hal HA PE yang lama gak ketinggalan zaman koq, nelvn masih nyambung, ES EM ES masih bisa dengan 5000 karakter lebih…hahhahahah..

Berikut Hal-hal yang harus diperhatikan dalam MENGATUR KEUANGAN kita…

1. Tidak Meminjam uang
Beberapa orang menganggap utang sebagai hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Padahal meminjam uang merupakan indikasi bahwa Anda salah dalam mengelola keuangan.

2. Menabunglah
Jangan pernah menabung di akhir bulan dan menunggu sisa dari pengeluaran. Sebab Anda pasti sulit mengontrol dan akhirnya tidak mampu menabung. Sisihkan uang setelah gajian dan lekas tabung jika ingin mengatur finansial dengan baik.

3. Bayar Tagihan
Bagaimana dengan tagihan? Pastikan Anda membayar tepat waktu. Jika tidak, berbagai denda akan membuat pengeluaran Anda semakin besar dan tidak terkontrol.

4. Prioritaskan Kebutuhan
Banyak orang mengabaikan prioritas pengeluaran. Misalnya sulit membedakan antara kebutuhan dan kemauan. Akibatnya, manajemen keuangan pun hancur berantakan.

5. Rinci aktivitas keuangan
Hampir sama seperti pelajaran akuntansi, Anda sebaiknya menulis pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Kalau bukan Anda yang mengontrol keuangan sendiri, siapa lagi?

6. No Credit Card !!
Apapun yang terjadi, sebisa mungkin hindari kebiasaan berbelanja dengan kartu kredit. Sebab Anda bisa kehilangan kontrol dan akhirnya belanja berlebihan tanpa rencana.

7. Gunakan Uang tunai
Berkaitan dengan masalah sebelumnya, lebih baik tinggalkan kartu kredit dan selalu berbelanja dengan uang tunai. Dengan demikian, Anda juga tidak akan terbebani dengan tagihan yang lebih besar.

8. Siapkan Rencana Keuangan
Manajemen keuangan berikutnya yang sering diabaikan adalah menyiapkan rencana belanja setiap bulan. Hal ini padahal bertujuan untuk mencegah pembelian barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Semoga Bermanfaat yah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s