This Business….for Beginner – On Going for survey

Memulai Bisnis Event Organizer

Seiring dengan booming acara-acara pameran, saat ini marak bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa event organizer. Event organizer sendiri adalah bisnis yang menawarkan jasa penyelenggaraan suatu acara. Acara yang dimaksud seperti antara lain pameran, perlombaan, festival, konser musik, pesta perkawinan, pesta ulang tahun, dan lain-lain.

Lalu terlintaskah pada pikiran teman-teman untuk ikut berkecimpung di bisnis ini? Jika iya, pasti akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti berikut : Apa-apa saja ya yang harus saya persiapkan untuk membuka usaha tersebut? Khususnya untuk keuangan. Bila dikaitkan dengan pajak, apa-apa saja yang harus di antisipasi dan waspadai? Lalu, bagaimana dana yang ada dapat di olah semaksimal mungkin?

Beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan dalam mendirikan event organizer, sebagai berikut:

1. Tempat. Apakah harus menyewa tempat atau bisa dijalankan dari rumah? Anda mungkin akan keluar jauh lebih banyak uang jika harus menyewa tempat sendiri, padahal mungkin Anda tidak menggunakan kantor setiap hari. Anda mungkin akan lebih sering mengunjungi klien diluar kantor. Karena itu jika dana Anda terbatas bisa dipertimbangkan untuk berkantor di rumah.

2. Modal. sediakanlah modal yang cukup untuk keperluan sebagai berikut:

  1. Modal awal membuka usaha (perijinan, inventaris kantor seperti kcomputer, handset telpon, meja kursi, kendaraan)
  2. Modal kerja untuk membayar biaya operasional selama perusahaan belum menghasilkan keuntungan. Biaya operasional antara lain listrik, telpon, gaji karyawan, kas kecil, dan lain-lain. Siapkanlah modal kerja minimal 6 s/d 12 bulan, atau jika Anda optimis bisa disiapkan 3 bulan saja
  3. Adapun pajak bisa dipotong dari laba kotor, sehingga laba bersih menjadi milik perusahaan. Untuk mengetahui apakah bisnis Anda laba atau rugi tentunya Anda harus membuat laporan Laba Rugi secara rutin tiap bulan.

3. Rencana pengendalian keuangan:

  1. Proyeksi laba rugi, arus kas, dan Neraca sampai dengan minimal 1 tahun atau sampai dengan 3 tahun ke depan. Tujuannya adalah agar dengan menetapkan target pemasukan (omzet) pada laporan Laba Rugi, Anda bisa memperkirakan dari pemakaian modal pada laporan arus kas kapan bisa break even. Kemudian melihat perkembangan harta kekayaan perusahaan di laporan Neraca
  2. Menyelenggarakan administrasi usaha secara tertib dengan melakukan pembukuan secara rutin.misalnya dengan membuat buku kas harian dan buku kas bulanan.

4. Strategi pemasaran:

  1. Buatlah strategi penetapan harga fee yang kompetitif atas pemakaian jasa Anda
  2. Tetapkanlah siapa target market bisnis Anda
  3. Jasa apa saja yang ditawarkan event organizer Anda
  4. Buatlah strategi promosi yang ampuh dan mudah dijalankan, agar event organizer Anda cepat dikenal orang

Spa and Beauty Center

  • Cari tempat yang strategis
    Kunci dari semua bisnis adalah 3L = Lokasi, lokasi, lokasi. Tanpa lokasi yang stragtegis, sebaiknya anda tunda dulu bisnis spa Anda. Matangkan dalam pencarian lokasi sebelum membuka usaha
  • Perijinan Legalitas
    Pastikan mendapatkan perijinan lengkap demi kelancaran usaha. Kelengkapan ijin dari awal akan sangat membantu jika kelak usaha Anda tumbuh besar.
  • Sediakan Modal yang cukup.
    Mulai dari modal awal, modal bahan, dan modal operasional. Lebih detailnya akan saya bahas dibagian bawah dari artikel ini.
  • Tenaga ahli.
    spa adalah usaha jasa, jadi keahlian tenaga kerja Anda adalah hal yang sangat vital. Kadang ada pelanggan yang sangat setia dengan jasa kita, bukan pada spanya. Karenanya, semakin bagus tenaga ahli yang Anda miliki, peluang sukses akan besar.
  • Pemasaran
    Pemasaran yang unik dan menarik akan mendatangkan pelanggan di awal usaha Anda. Pastikan rencanakan pemasaran dengan sangat baik

Modal Usaha Spa Kecantikan

Kursi spa khusus 3 unit @ Rp 2,500,000,-
Pemanas rambut jika diperlukan 1 unit @ Rp 2.000.000,-
Hairdryer 3 unit @ Rp 250.000,-
Dipan tempat facial 2 unit @ Rp 2.000.000,-
Meja dan pancuran cuci rambut 2 unit @ Rp 1.500.000,-
Cermin besar 3 unit @ Rp 1.000.000,-
Troley peralatan spa 1 unit @ Rp 1.000.000,-
Lemari etalase kaca 1 unit @ Rp 2.750.000,-
Peralatan spa berupa sisir, set manicure-pedicure, gunting, handuk 1 unit @ Rp  2.000.000,-


Estimasi Biaya Usaha Bulanan

Pembelian bahan bulanan 3.000.000
Listrik Air Telepon 3.000.000
Gaji 1.000.000
Biaya Promosi 1.000.000
Biaya Tak Terduga 500.000

Estimasi Pendapatan Per Bulan

Charge per pelanggan datang adalah 50.000


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s