DIGITAL MARKETING WORKSHOP COMLABS USDI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 28-29 NOVEMBER 2011

Latar Belakang

Pada tahun 2010, sebuah hasil business study and analysis dengan judul The State of Inbound Marketing menunjukkan bahwa konsep dan tool Inbound Marketing mampu menghasilakan leads dengan biaya 60% lebih rendah untuk menghasilkan nilai yang lebih.

Di era digital , trend business berubah dengan cepat. Para marketer harus memiliki pengetahuan, paradigma dan skill yang berbeda tentang dunia on line business dan marketing. Internet merupakan sebuah saluran destribusi yang sangat besar. Ada banyak peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh para pemasar yang ingin berhasil menjalankan program marketing di era digital.  Saat ini, melakukan pemasaran traditional saja tidak cukup. Para pemasar membutuhkan model “Modern Marketing” dengan Digital Marketing sebagai solusinya.

Konsep Digital Marketing yaitu sebuah konsep pemasaran yang fokus pada pengembangan internet/digital marketing dengan tiga kategori pengembangan.

  1. Content marketing
  2. Search engine marketing
  3. Social media strategly

Manfaat utama yang dirasakan setelah perusahaan menjalankan konsep Digital Marketing adalah mampu mencapai target pasar yang lebih baik, meningkatkan sales dan membangun digital branding dengan cost yang lebih efisien.

Comblabs USDI ITB mengadakan Workshop ini untuk mara marketer dan sales team di perusahaan agar mengerti dan menguasai baik konsep maupun Digital Marketing. Dijelaskan secara detail baik konsep strategis, taktis dan technical oleh Internet Marketer Professional dan berpengalaman. Workshop ini akan menjawab kebutuhan perusahaan untuk memiliki marketer dan sales force yang tangguh untuk menjawab tantangan dan persaingan bisnis yang semakin tajam di masa yang akan datang.

Manfaat

Adapun manfaat yang dapat diambil setelah mengikuti Digital Marketing Workshop ini adalah:

1)        Dapat merancang strategi kampanye pemasaran online

2)        Mampu mengembangkan website yang menghasilkan penjualan

3)        Dapat mengoptimalkan situs yang dimiliki untuk mesin pencari (search engine marketing)

4)        Belajar bagaiman membuat dan mengoptimalkan konten digital (text, video dan mobile content)

5)        Menciptakan dan mengendalikan leads dalam jangka pendek dan jangka panjang dari semua saluran media yang tersedia

6)        Belajar bagaimana mengkonversi lebih banyak leads kearah penjualan

7)        Mampu meningkatkan leads dan sales melalui Social Media

 

Peserta

Para marketing manajer, assistant marketing manajer, tim marketing, sales manajer dan sales force team, diharapkan untuk hadir sebagai peserta dalam workshop ini. Adapun peserta yang hadir dalam Digital Marketing Workshop ini berjumlah 20 peserta (daftar terlampir).

 

Instruktur Pelatihan

Instruktur dalam pelatihan ini merupakan praktisi berpengalaman dibidang Digital Marketing dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Instruktur Digital Marketing USDI ITB.

 

 

 

 

 

Rundown Digital Marketing Workshop

 

Strategi Pengembangan Online Marketing Branding And Selling

Merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi semacam ‘brosur online’ dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia. Pada perkembangannya online marketing tidak hanya menggunakan media website, namun juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet. Sebagai bagian dari kegiatan marketing dengan menggunakan media Internet, online advertising (periklanan di Internet) menjadi kajian yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya. Pada awalnya periklanan di media Internet adalah memindahkan materi iklan yang sudah berjalan di media konvensional (televisi, majalah, surat kabar) ke dalam website. Namun pada perkembangannya, pemanfaatan karakteristik media Internet mampu memaksimalkan hasil yang didapat melalui aktifitas periklanan di Internet. Hal tersebut menjadikan media Internet kini dipakai sebagai bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) dengan pendekatan yang berbeda sesuai dengan karakteristik media dan target audiens yang ingin dicapai.

Aktifitas yang lazim dipakai dalam periklanan di media Internet adalah memasang banner (banner ad). Namun tuntutan komunikasi pemasaran yang makin kompleks tidak cukup hanya dengan cara seperti itu. Dibutuhkan strategi, kreatifitas dan pengukuran yang akurat serta mengkonvergensikan kemungkinan yang ada. Misalnya, menggunakan strategi viral melalui email marketing, membangun situs khusus produk yang terpisah dari corporate site, merancang webtorial pages, membuat advert-gaming, mensinergikan dengan mobile marketing, online survey/polling dan strategi lainnya. Selain aktifitas periklanan di atas, ada juga teknik periklanan yang lebih murah dan efisien, yaitu menggunakan mesin pencari ( Search Engine Otimization ). Dengan SEO, website akan mudah ditemukan di mesin pencari dan kemungkinan dikunjungi semakin tinggi karena saat ini 80% pengguna internet mencari data dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai basis awal pencarian.

Masih banyak kemungkinan pengembangan lain pada periklanan di Internet. anda akan siap mewujudkan tercapainya online markerting campaign Anda dengan pendekatan yang efektif dan efisien.

 

Dengan istilah “aku ter-connect, maka aku ada”. Banyak hal yang baru dalam bidang digital marketing. Di era digital ini pemahaman mengenai konsep internet sebagai media penghubung antara satu individu dengan individu  yang lainnya dapat dijadikan sarana untuk memasarkan suatu produk. Maka dengan istilah yang telah disebutkan diatas bahwa dengan terhubung dengan jaringan internet maka individu tersebut dapat berinteraksi dengan individu lainnya di berbagai belahan bumi yang terhubung melalui internet. Sehingga melalui internet jaringan pemasaran dapat diciptakan. Jaringan pemasaran melalui internet disebut sebagai lazy market, mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena jaringan yang diciptakan melalui internet hanya memerlukan ketersediaan social networking, baik seperti adanya website pribadi pada akun-akun jejaring sosial. Melalui jejaring sosial ini, kita dapat menyampaikan hal-hal terkait usaha yang kita jalankan, sehingga kita juga bisa menciptakan pasar online bagi produk kita sendiri. Misalnya saja kita memiliki usaha penjualan kaos bola, maka kita dapat membuat akun jejaring sosial kita sendiri untuk penjualan kaos bola tersebut. Misalnya saja dengan membuat akun di Twitter.com, dengan cara memposting produk yang kita jual di akun twitter tersebut sehingga banyak dengan demikian kita dapat memberitahukan kepada banyak user lain di akun tersebut.

 

Selain memasarkan produk, kita juga bisa memasarkan jasa  yang kita jual, sehingga penjualan jasa tersebut dikenal sebagai penjualan jasa online. Sebut saja salah satu contohnya yaitu “go go online”, sebuah perusahaan jasa kurir yang menerima layanan antar untuk barang-barang yang tertinggal di air port. Sebagai brand profile tertentu, maka dengan online marketing, produk dengan brand-brand tertentu menjadi sosial networking sebagai tempat penampung complain dari konsumennya. Pada umumnya, konsumen cenderung mempercayai sebuah produk yang memiliki situs khusus untuk menampung complain dan dengan word of mouth yaitu sebuah istilah yang digunakan dalam memasarkan produk, dimana konsumen lebih percaya dengan fakta yang dibicarakan mengenai keunggulan dan kekurangan suatu produk yang ditampilkan dalam sebuah situs khusus.

Kembali lagi dengan lazy market, lazy market berbicara mengenai bagaimana uang didapatkan dengan mudah yaitu dengan membua website pada jaringan internet, sehingga kita hanya perlu mendapatkan komunitas pengguna internet dan berpromosi disana. Dengan pengguna internet lainnya sebagai konsumen kita, kita dapat berinteraksi langsung melalui email yang mereka kirimkan ataupun chat room yang kita sediakan pada akun yang kita buat tersebut. Dengan memasarkan produk melalui internet, kita dapat berkreasi dengan leluasa sehingga menarik minat pembeli.

 

The Era Of Mobile Marketing

Lebih dari 4 Milyar manusia di dunia menggunakan mobile device dan 180 juta pengguna mobile device tersebut ada di Indonesia namun sekitar 97% pengguna mobile device di Indonesia itu terhubung dengan jaringan internet. Pemasaran mobile ( mobile marketing ) bisa merujuk ke pemasaran dengan menggunakan perangkat mobile atau pemasaran dengan cara pengalihan. Pemasaran mobile (mobile marketing) merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan dan iklan pada produk untuk konsumen sehingga meningkatkan keuntungan dari bisnis apapun. Mobile marketing ( pemasaran mobile ) juga populer sebagai iklan SMS. Hal ini efektif dalam arti bahwa cara ini memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens mereka. Ini merupakan promosi interaktif yang sangat relevan dalam iklan saat ini. Mobile marketing (pemasaran mobile) juga dikenal sebagai pemasaran nirkabel. Meskipun belum tentu nirkabel mobile dapat mengakses informasi yang sama melalui komputer desktop di rumah atau di kantor.

 

Munculnya pemasaran mobile / mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat Short Message Service atau SMS menjadi semakin populer. Di Eropa dan di Asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka. Akhirnya, SMS menjadi alat promosi yang sah di bagian lain dunia. Karena itu, didirikan pedoman untuk melindungi baik pemasar dan konsumen. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul. Di antara saluran ini meliputi :

  • Multimedia Message Service
    Dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video, dan slideshow gambar dari produk. Hampir semua ponsel dengan layar warna dapat mengirim dan menerima MMS.
  • In-Game Mobile Marketing
    Kecenderungan dari game mobile sudah mulai lebih canggih. Permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan. Promosi semacam ini juga dikenal sebagai Ad-funded mobile game atau mobile advergaming.
  • Mobile Web Marketing
    Di sini, produk yang sedang dipromosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile. Mayoritas penyedia konten mobile seperti Google dan Yahoo telah menjual tempat iklan online. Ada juga jaringan iklan lainnya yang berfokus pada sifat mobile.
  • Pemasaran Via Bluetooth Dan Infrared
    Bluetooth menjadi populer hanya pada 2003. Inframerah, di sisi lain, adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile. Tidak seperti Bluetooth, Infrared sangat terbatas. Keuntungan lain dari Bluetooth adalah bahwa ia memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi, dan juga gratis, serta sudah berdasarkan izin.

Hal ini telah menjadi alat pemasaran yang populer karena berbagai alasan. Keuntungan utama dari mobile marketing / pemasaran mobile melalui teknologi SMS pada dasarnya adalah bahwa hal itu langsung dialamatkan kepada penonton. Iklan SMS membantu pemasar memberikan cara cepat pada kampanye pemasaran mereka. Melalui SMS secara massal, Anda dapat mencapai target pasar Anda sekaligus dalam sekejap terlepas dari dimana mereka semua berada. Kedua, dibandingkan dengan strategi pemasaran yang lain, cara ini umumnya lebih murah. Tergantung pada salurannya, hanya dengan biaya kurang lebih dari 75% dari biaya Anda yang akan digunakan dalam metode pemasaran lainnya. Bahkan hari ini, Anda dapat memilih dari berbagai macam platform mobile marketing dan layanan sms online dengan harga diskon untuk lebih menghemat dana. Orang yang terbiasa untuk iklan tradisional dan metode ini tidak seefektif seperti sepuluh tahun yang lalu.

Untuk periklanan yang efektif, bisnis harus mengikuti perkembangan teknologi. Untuk tetap berada di dalam kompetisi, perusahaan juga harus menggunakan sumber daya yang sangat banyak yang tersedia saat ini. Pemasaran mobile/mobile marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang pasti dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

 

Social Media Marketing

Sekarang eranya media sosial. Di jalan, di kantor, di rumah, orang-orang tak bisa terlepas dari perangkat digital hanya untuk tetap terkoneksi dengan sesama. Bahkan peran media sosial telah lebih jauh dari yang pernah dibayangkan sebelumnya, yakni marketing.

“New marketing is social media (era pemasaran baru adalah jejaring sosial),” tutur tokoh marketing dunia, Philip Kotler, seperti dikutip dari Detik Finance, Selasa (31/5).

Media sosial setidaknya telah memotong satu langkah jarak yang memisahkan antara produsen dan konsumen. Mereka kini dapat berinteraksi secara langsung, entah itu si konsumen menyampaikan saran atau kritik, atau produsen memberitahukan produk-produk baru yang akan diresmikan.

“Kalau ada 10 iklan dalam setahun. Paling Anda hanya ingat 1 iklan yang benar-benar bagus. Iklan yang menarik butuh biro iklan yang bagus pula,” lanjutnya.

Namun dengan menjamurnya jejaring sosial seperti facebook, twitter, maupun blog, pemasaran via iklan juga jangan ditinggalkan. Kotler menyarankan perusahaan harus secara cerdas menggabungkan keduanya. (*/AF)

 

 

Inbound Marketing

Inbound marketing adalah konsep modern marketing. 3 bagian penting dari inbound marketing adalah

Get Found
Ditemukan lebih mudah di internet. Caranya dengan mengoptimalkan search ranking dan social influence.

Generates Leads
Mengumpulkan leads lebih banyak dengan cara mengoptimalkan landing pages.

Increase Sales
Nurturing leads yang sudah ada dengan menggunakan email marketing dan social media.

Pada saat ini perusahaan-perusahaan mengandalkan kegiatan marketing pada Outbound marketing, yaitu dengan melakukan investasi yang cukup besar untuk iklan (TV, radio, media cetak), direct mail dan telemarketing. Pada umumnya konsumen jenuh dan menghindari Outbound direct marketing.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama internet dan  globalisasi telah mengubah paradigma dunia bisnis. Persaingan makin tajam dan tuntutan akan mutu semakin tinggi, serta respons yang semakin cepat dan harga semakin murah. Ini berarti daya saing harus semakin ditingkatkan.  Teknologi Informasi Komunikasi (internet) memberikan peluang dan solusi untuk meningkatkan daya saing tersebut. Inbound Marketing yang memanfaatkan internet telah memberikan kesuksesan bisnis. Pada dasarnya konsep Outbound marketing merupakan pemasaran secara tradisional dimana perusahaan yang “mendatangi†calon konsumen sedangkan Inbound marketing mempunyai konsep konsumen yang “mendatangi†perusahaan. Sebagai contoh kongkrit, amazon.com yang sukses.

 

Blogging for marketing

Pemasaran online adalah pasti salah satu cara tertentu di mana orang menggunakan situs web untuk menghasilkan laba. Jumlah laba menghasilkan dengan cara menampilkan link balik dari situs afiliasi pemasaran dapat bervariasi secara signifikan sesuai dengan berapa banyak tampilan halaman blog tertentu disediakan dengan serta kerusakan yang tersedia untuk pemasaran online. Pemasaran online secara efektif termasuk membuat link di blog ke halaman Web entitas perusahaan tambahan itu. Satu perusahaan lain maka membuat up yang penjual blog berdasarkan disepakati sebelumnya Anda kontrak.

Ini mungkin dapat keluar membayar dihormati di berbagai teknik. Pemilik situs ini dapat dihargai setiap kali bahwa iklan biasanya dished, setiap kali pengunjung mengklik web eksklusif halaman melalui iklan dan juga setiap kali tamu blog karya semacam gerak ingin misalnya melakukan pembelian dan juga rumit ketika menggunakan situs ini . Tulisan ini akan membahas berbagai isu dengan pemasaran online yang blogger harus mengerti seperti memutuskan pada pilihan hati-hati, membuat sebagian besar potensi pendapatan yang berkaitan dengan jenis-jenis prospek ditambah memahami persyaratan terhubung ke jenis-jenis pilihan pemasaran afiliasi internet .

Ada berbagai jenis peluang pemasaran afiliasi internet diakses. Beberapa perusahaan dan halaman web memberikan kemungkinan pemasaran online. Biasanya bahwa pemilik situs hanya perlu posting halaman web tertentu benar tentang situs web-nya dalam hubungannya dengan beberapa informasi utama lainnya dalam kaitan dengan penerimaan. Biasanya penyedia hanya tidak mungkin untuk menolak formulir yang diperlukan kecuali tentu saja bahwa konten yang ditulis di situs web biasanya dianggap bahwa mereka pantas serta jika tidak bertentangan kepentingan dengan target perusahaan.

Meskipun demikian, namun memiliki sanksi dalam rangka untuk menyajikan backlink internet di halaman web Anda sendiri adalah benar-benar sebuah metode yang agak sederhana, ini tidak harus mengikuti penjaga situs harus memilih jenis-jenis peluang pemasaran online tidak memiliki kebijaksanaan. Ini adalah konsep yang baik yang benar-benar akan memilih kemungkinan afiliasi pemasaran internet menggunakan perusahaan-perusahaan yang akan menarik di pasar dalam situs web.

Saran-saran

Diharapkan pada bagian IT di perusahaan dapat menerapkan digital marketing sehingga memungkinkan adanya efisiensi dan efektifitas dalam memasarkan produk yang dihasilkan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s